Grafika Komputer 

Sejarah dan Perkembangan Grafika Komputer

Pengertian

Grafika computer merupakan bagian yang penting dari kurikulum informatika/ilmu komputer. Ini merupakan cara untuk penyampaian informasi yang efektif dan interaktif kepada manusia (human). Dalam kehidupan sehari-hari teknologi visual tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sehingga secara langsung Grafika Komputer sangat mempengaruhi agar visual yang di hasilkan lebih interaktif dan inovatif.  Bidang-bidang yang sangat ketergantungan dengan ilmu grafika komputer antara lain : Entertainment, Game, animasi komputer, film, dll

Tujuan penggunaan grafika komputer yaitu untuk menghidupkan objek-objek yang berupa visualisasi proses, visualisasi pada simulator, visualisasi fenomena alam. Pada pembuatan film, komputer banyak digunakan untuk menunjang proses pemodelan, visualisai dan editing. Sebelum dilakukan proses pengambilan gambar dengan menggunakan kamera, maka akan dibuat terlebih dahulu model pemeran di dalam cerita, yang selanjutnya akan dilakukan divisualisasi untuk gerakan-gerakan yang sulit dilakukan.

Contoh penggunaan Grafika pada film animasigrafika dalam animasi

Contoh penggunaan Grafika pada film action
grafika dalam film action

Peranan Grafika Komputer

ada beberapa peranan grafika yang sangat penting. yaitu :

1. User Interfaces

menjembatani pemakai dengan suatu perangkat agar pemakai dapat menggunakan perangkat tersebut dengan lebih mudah dan spontan.

2. Visualisasi interaktif- bisnis dan ilmu pengetahuan

3. CAD/CAM

Untuk merancang, menggambar, visualisai dan analisis. Perangkat lunak aplikasi CAD pada umumnya dilengkapi dengan beberapa window yang memperlihatkan beberapa gambar objek dari sudut pandang yang berbeda, seperti tampak depan, samping, atas dan perspektif.CAD/CAM : untuk merancang, menggambar, visualisai dan analisis. Perangkat lunak aplikasi CAD pada umumnya dilengkapi dengan beberapa window yang memperlihatkan beberapa gambar objek dari sudut pandang yang berbeda, seperti tampak depan, samping, atas dan perspektif.

4. Computer Art

Seniman menggunakan berbagai macam perangkat lunak grafik, dan kadang juga dilengkapi dengan hardware khusus. Computer Art bisa terdiri dari 2, yaitu :

1. commercial art :Aplikasi commercial art dapat dilihat pada dekstop publishing, advertising, desain tekstil, dsb. Perangkat lunak yang digunakan antara lain adalah : CorelDraw, Macromedia Freehand dan Adobe Illustrator.

2. Fine art : Dapat dilihat pada penggunaan perangakt lunak grafis untuk pembuatan bermacam-macam gambar sesuai dengan gagasan dan imajinasi . Biasanya menggunakan Draw Program dan Paint Program.

5. Game

Permainan merupakan produk yang sangat disenangi, bukan hanya oleh anak-anak tetapi orang dewasa juga menyukainya. Pada saat ini Game merupakan salah satu implementasi dari grafika komputer yang paling berkembang. bahkan game sudah masuk dalam kategori olahraga yang masuk ke salah satu cabang olahraga di olimpiade.  saat ini game lebih sering di mainkan melalui media smartphone dan komputer. tapi banyak juga game yang mempunyai hardware tertentu misalnya Playstation, gameboot, dll

Demikian artikel terkait materi kuliah yang berjudul “Sejarah dan Perkembangan Grafika Komputer”. Untuk dapat mendapatkan materi seputar pengantar sistem komputer dalam secara lengkap, dapat di download melaui link berikut ini Grafika Komputer. Semoga bermanfaat

Leave a Comment