kecerdasan buatanKecerdasan Buatan 

Pengertian Kecerdasan Buatan beserta ruang lingkupnya

Sejarah

Kecerdasan buatan pertama kali cetuskan oleh John McCarthy pada tahun 1956 dalam suatu Dartmouth Conference. Pada konferensi tersebut diutarakan tujuan utama dari  suatu Artificial Intelligence (AI) yaitu untuk mengetahui dan melakukan pemodelan proses-proses berfikir manusia, yang selanjutnya akan di implementasikan ke dalam desain mesin agar dapat melakukan apa yang manusia bisa lakukan.

Pengertian

kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence merupakan salah satu bidang ilmu komputer yang membuat komputer dapat bertindak seperti manusia. Ada dua bagian yang dibutuhkan untuk melakukan aplikasi kecerdasan buatan, yaitu Basis Pengetahuan (Knowledge Base) dan Motor Inferensi (Inference Engine). Ada dua bagian yang dibutuhkan untuk melakukan aplikasi kecerdasan buatan, yaitu basis Pengetahuan (Knowledge Base) dan motor Inferensi (Inference Engine)

Kelebihan kecerdasan buatan dan kecerdasan alami.

Setiap sistem yang diciptakan mempunyai kelebebihan dan kekurangan, berikut ini kelebihan dari masing-masing sistem tersebut :

Keuntungan Kecerdasan Buatan :

  1. Bersifat permanen
  2. Lebih mudah diduplikasi dan disebarkan
  3. Lebih murah dibanding kecerdasan alami
  4. Kecerdasan buatan bersifat konsisten
  5. Kecerdasan buatan dapat didokumentasi
  6. Dapat melakukan pekerjaan lebih cepat dan lebih baik

Keuntungan Kecerdasan Alami :

  1. Kreatif
  2. memungkinakan manuasia akan mendapatkan pengalaman langsung
  3. Pemikiran manusia dapat digunakan secara luas

Komponen Kecerdasan Buatan

Komponen utama AI

Lingkup Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan tidak hanya terdapat pada bidang informatika tetapi sudah merambah ke berbagai disiplin yang lain :

 ⊕ Psikologi : Cognition dan Psycolinguistics

 ⊕ Teknik elektro : Komputer PC, smartphone, Drone, pengenalan pola, Robotika

 ⊕ Manajemen : SPK, SI manajemen dan Lainnya

Lingkup Utama Kecerdasan Buatan

– Expert System

– Natural Language Processing

– Speech Recognition

– Robotics and Sensory Systems

– Computer Vision

– Intelligent Computer-aided Instruction

– Game Playing

Pondasi Kecerdasan Buatan

Untuk dapat membuat suatu program kecerdasan buatan dibutuhkan pondasi yang baik dan benar, karena hal ini akan membuat sistem kecerdasan tersebut dapat berfungsi sebagaimana yang telah di rencanakan sebelumnya. berikut ini pondasi yang wajib diketahui dalam menyusun sistem kecerdasan buatan :

pondasi AI

Komputasi Kecerdasan Vs Konvensional

Pengolahan sistem kecerdasan buatan mempunyai perbedaan signifikan dibangdingkan dengan metode konvensional dalam melakukan pengolahan data didalam pemrosesan. perbedaan itu terletak dalam sistem memori yang ada di dalam komputer. untuk dapat memahami lebih jelas, berikut gambar ilustrasi komputasi AI.

komputasi kecerdasan buatan vs konvensional

Beberapa contoh aplikasi yang menggunakan Kecerdasan Buatan

aplikasi penggunaan kecerdasan buatan

Soft Computing

Soft Computing merupakan gabungan dari metodologi-metodologi yang bertujuan untuk memastikan tidak adanya toleransi terhadap ketidaksesuaian ataupun kebenaran parsial didalam suatu program agar dapat diselesaikan dengan mudah, akurat dan biaya penyelesaiannya murah.

Unsur-Unsur Pokok dalam Soft Computing

– Sistem Fuzzy

– Jaringan Syaraf

– Probabilistic Reasoning

– Evolusionary Computing

 

Demikian artikel terkait materi kuliah yang berjudul “Pengertian Kecerdasan Buatan beserta ruang lingkupnya”. Untuk dapat mendapatkan materi terkait kecerdasan Buatan secara lengkap, dapat didownload melalui link berikut Matkul AI Semoga bermanfaat

Related posts

Leave a Comment